|
|
| SENSE OF CRISIS | | |
| |
| Oleh : Heru Kusworo
| | | | |
| | | Sadarkah kita bahwa dalam situasi ekonomi yang normal, |
|
|
| banyaknya kesempatan seringkali menjadikan kita tidak |
|
|
| punya waktu untuk berpikir lebih jauh ? |
|
|
|
| Karenanya ,krisis yang kita hadapi sekarang perlu kita |
| tangkap sebagai momentum,untuk mengembangkan inovasi jangka panjang. |
| Kita perlu berusaha keras membagi dua konsentrasi,antara survival jangka |
| pendek dan inovasi jangka panjang secara serius. |
|
|
|
| Banyak organisasi memotong biaya research and development-nya begitu |
| krisis mendekat. Dalam era knowledge management yang canggih ini,sebetul |
| nya inovasi tidak selalu memerlukan investasi kusus atau merekrut tenaga |
| kusus. Kita bisa belajar dari Frans Johansson yang mengungkapkan gejala |
| Medici Effect,yaitu melandaskan inovasi-inovasi berdasarkan pada pende |
| katan interseksi antar disiplin ilmu. |
|
|
|
|
| Dengan membuka mata dan mempelajari disiplin ilmu lain,kita bisa lebih |
| lancar menghasilkan terobosan ide yang luar biasa. Pada dasarnya daya pikir |
| kita tidak pernah berhenti berasosiasi. Dengan sedikit saja open-mindedness, |
| suasana tukar pikiran dan mempelajari cara berpikir disiplin ilmu lain,kita bisa |
| segera membuat pikiran kita berasosiasi dan menemukan ide-ide baru. |
|
| Seseorang yang ingin berubah akan mati-matian menciptakan sense of urgency |
| untuk mendorong perubahan. |
|
|
|
|
|
| Sekarang, tanpa diminta sense of urgency bahkan tidak perlu lagi dipompakan |
| karena sudah menjepit didepan mata kita. Saat inilah sense of crisis diperlu |
| kan untuk melahirkan ide-ide baru . |
|
|
|
|
| Motivasi untuk menemukan ide-ide baru digalakkan. Mindset inovasi,selain |
| akan membuahkan hasil juga akan membawa suasana menjadi bersemangat. |
| Tidak ada saat lain yang lebih tepat untuk menghidupkan rasa ingin tahu, energi |
| dan antusiasme secara alamiah dari pada sekarang…………………..
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar